18 Oct

Beda Susu, Beda Gizi

Saat ini kita mengenal berbagai jenis susu baik berasal dari hewan maupun dari tanaman. Berbagai varian dari susu – susu tersebut juga dapat menjadi pilihan kita seperti susu organik ataupun susu mentah atau biasa disebut raw milk. Berbeda sumbernya ternyata menghasilkan kandungan gizi dalam susu yang berbeda pula. Dirangkum dari beberapa sumber, berikut beberapa kelebihan kandungan gizi berikut kekurangan dari beberapa jenis susu.

A. Susu Sapi

Kelebihan : Susu sapi kaya akan kalsium dan memiliki protein dua kali lipat lebih banyak dibandingkan susu jenis lain.

Kekurangan: Susu sapi dapat menimbulkan reaksi alergi seperti diare, perut kembung atau rasa tidak nyaman bagi orang yang memiliki laktosa intoleran.

 

B. Susu Kedelai

Kelebihan: Susu kedelai kaya akan kandungan protein dan kalsium serta tidak memiliki lemak jenuh. Kelebihan lainnya yaitu rendah kalori dan kaya rasa.

Kekurangan: Produk kedelai dapat menghambat penyerapan protein dan mineral.

 

C. Susu Kambing

Kelebihan: Susu kambing sangat mudah dicerna karena kandungan proteinnya membentuk curd yang lembut yang akan dicerna dengan dengan cepat oleh tubuh . Kandungan kalsiumnya tidak kalah dengan susu sapi, ditambah lagi mengandung lebih banyak triptophan yaitu sejenis asam amino esensial.

Kekurangan: Susu kambing juga memiliki laktosa, dalam jumlah lebih kecil dibandingkan susu sapi, sehingga masih dapat menimbulkan reaksi alergi bagi penderita laktosa intoleran.

 

D. Susu Almond

Kelebihan: Kandungan lemak lebih sedikit. Rasa lebih enak

Kekurangan: Mengandung vitamin, mineral dan protein yang lebih sedikit dibandingkan susu jenis lainnya. Susu jenis ini tidak direkomendasikan untuk orang yang alergi kacang dan kekurangan vitamin B.

 

E. Susu Beras

Kelebihan: Mengandung sedikit lemak dan kalori. Bebas dari laktosa dan kacang sehingga aman untuk penderita alergi terhadap kedua bahan tersebut.

Kekurangan: Memiliki gizi paling minim dibandingan dengan susu jenis lainnya. Tidak mengandung vitamin A dan C, serta memiliki sedikit protein.

 

F. Susu Mentah

Kelebihan: Susu yang langsung diambil dari hewan ini (sapi dan kambing) dapat dikatakan hadiah dari alam. Kandungan gizinya masih lengkap, mengandung enzim dan vitamin yang tidak dapat ditemukan dalam susu yang mengalami proses pemanasan.

Kekurangan: Proses pemerahan dan pengemasan produk susu segar rawan terkontaminasi bakteri berbahaya. Tanpa higienitas proses – proses tersebut, produk susu dapat menjadi sumber penyakit bagi orang yang mengkonsumsinya.

 

G. Susu Organik

Kelebihan: Susu organik dihasilkan dari sapi atau kambing yang diberi pakan tanpa kandungan hormon antibiotik, pestisida ataupun penyubur sintetik yang menambah nilai manfaat investasi kesehatan karena kandungan bahan – bahan tersebut dapat menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan dalam jangka panjang.

Kekurangan: Harga susu organik hampir dua kali lipat lebih mahal dibandingkan dengan harga susu non organik.

 

 

Sumber:

Kompas Health. http://health.kompas.com/read/2011/07/09/12514949/beda.susu.beda.nutrisinya. Diunduh pada 18 Oktober 2015.

Parenting. http://www.parenting.com/article/ask-dr-sears-advantages-of-goats-milk. Diunduh pada 18 Oktober 2015.